h1

BETAPA MALANG NASIB Q,,,,

Januari 4, 2009

Ga tau deh kutukan apa yang bikin Q sial bwgd hari ini. Semua mungkin gara2 kecerobohan Q dan keteledoran Q. Tapi Q ga pernah ngira sampe sesial ini.

*Buat temen2 Q yang sekiranya nanti baca ato liat blog Q, please,,,,bwgd jangan marah sama Q. Ini bener2 di luar kendali Q*

Semua bermula dari acara foto2 di candi sambasari. Sesuai kesepakatan kalo hasil foto itu bakal di simpen dalam bentuk file dan Q lah yang menyimpannya. Mungkin dasarnya Q teledor apa gimana tuh foto mendadak hilang. Padahal SUMPAH DEMI TUHAN Q ga NGAPUS dan DELETE tuh foto. Dugaan perkiraan tak bersalah sekarang adalah tuh foto kena virus. (Nah lo virus jadi tersangka).

Jadi gini kronologi hilangnya barang bukti berupa foto itu:

· Sore itu waktu mama,papa, adek Q lagi pergi ke rumah sodara. Q yang baru bangun tidur siang.

· Mendadak dari depan rumah Q liat abang Q dateng dengan motor kesayangannya.

· Q buka pintu depan, terus nyuruh dia masuk. Seneng bwgd Q soalnya fotonya jadi lengkap.

· Abang Q langsung ngasih MMC ke Q dan Q langssung nyari cardreader di tas papa.

· Langsung Q pindah deh tuh foto ke kompi.

· Nah, waktu itu abang Q ngelus2 kucing sialan di rumah Q dan Q ngerasa jijik bwgd ama tuh kucing. Mau2nya dia dielus2 sama abang Q. Waktu Q ngopi data abang Q minta dianterin liat rumah kontrakan deket rumah Q, tapi Q ga mau ikut.

· Terus abang Q ngasih flashdisk yang isinya waktu itu lom sempat Q liat. Katanya isi flash itu foto2 temen Q yang jadi model di majalah yang di produksi sama abang Q.

· Abang Qs pamitan pulang. Q langsung liat tuh foto2 yang memorinya lumayan gedhe bwgd. Langsung tersepona deh liat diri Q dan temen2 yang lucu2 gayanya. Terus papa,mama,adek Q pulang. Langsung Q pamerin ke satu rumah (untung ga ampe RT,RW).

· Puas liat foto2 itu berkali2 Q matiin komputer.

· Adek Q make tuh komputer buat belajar gambar pake corel.

· Pas malem tepat jam 00.00 Q buka komputer mau liat tuh foto.

· Dan abrakadabra foto itu RAIB entah kemana. Udah Q cari di setiap folder dan pake bantuan search tapi tetep ga ketemu.

· Pikiran Q yang terlintas mungkin Q ngantuk jadi kalo nyari ga bakal ketemu.

· Besok paginya Q cari foto2 itu dan aneh bin ajaib foto itu bener2 ga ada ALIAS RAIB. Satu rumah dah Q tanyain dan mereka entah kenapa menjawab kompak kalo mereka ga tau dan ga nyentuh tuh komputer.

*Please help me,,,GOD!!!*

Kata abang Q foto2 itu ga disimpen dan katanya ditempat kamera temennya itu dah di format.

PLEASE,,,,temen2 jangan bunuh Q. Maki saja diri Q asal jangan kasar2 ya yang maki2. (huh malah nawar!!!!). temen2 Q cinta kalian!!!!!

Iklan
h1

HAPPY NEW YEARS!!!!

Januari 4, 2009

Buat semua pecinta blog di WORDPRESS: “HAPPY NEW YEARS!!!” I HOPE THIS YEARS BETTER THAN BEFORE!!!!!.

Acara taon baruan kemaren Q habiskan dengan temen2 di kelas Q. Sebagai acara terakhir kita bisa sama2, coz taon depan kita sudah menentukan masa depan dan masuk ke universitas yang menjadi mimpi2 kita. Yups,,Q sekarang udah kelas 3 SMA yang kata orang maasa2 it merupakan masa terindah dan masa penuh rasa prihatin.

Kenapa kita pilih rumah Fifi, coz di rumah itu yang manpu menampung 30 anak dengan kapasitas BIG, yang merasa jangan tersinggung ya!!!!

Seperti biasa acaranya bakar2an jagung dan sate ayam. Emang ga lebih meriah dari taon kemaren tapi kitta semua tetep seneng kuk. Sedih deh rasanya kalo inget bentar lagi kita bakal lulus SMA. Nah, Q punya beberapa kumpulan fotonya:

di rumah fifi

di rumah fifi

h1

CANDI SAMBISARI,,,,, I’M COMING!!!!!!

Januari 4, 2009

Ga inget tuh kejadian tanggal berapa(tapi kalo ga salah sie tanggal 24 Desember 2008), happy banget rasanya bisa ketemu temen2 di saat-saat kritis menunggu hasil rapot semester pertama.

Hari2 sebelum itu semua pada sibuk miikirin tempat, baju de el el. Buat apa dunk semua itu? Buat lomba lah!!! Lomba foto satu kelas + wali kelas dengan tema “JOGJA BACK TO CULTURE” lomba itu diadain buat memeriahkan HUT skulah ku. Dengan segala pertimbangan dan rapat yang cukup alot antara guru dan murid (alah ga ampe segitunya kuk,,,) terpilihlah candi sambisari sebagai lokasi pemotretan (kayak artis aja lo!!!).

Belum mulai foto Q udah ribet sendiri dengan segala persiapan (persiapan mental,batin,hati,,,kayak mau kawin aja). Gimana ga pake persiapan? Temanya aja Jogja back to culture masak bajunya kaos T-shirt ya ga mungkin lah!!! Baju yang kita kenakan buat foto yaitu kain jarik sama kebaya buat yang cewek dan yang cowok pake celana pendek sama sarung plusss peci (kayak kabayan aja!!). Segala sesuatunya udah disiapin tapi tampaknya cuaca ga begitu mendukung. Terbukti ketika kita janjian buat kumpul di rumah Fifi jam 07.00WIB tapi karena ujan yang deres kita ngaret sampe jam 09.00 WIB. Padahal Q janjian sama abang Q yang jadi fotograpernya jam 07.30 WIB. Kasian dia dah nunggu lama mana kalo miscall Q angkat lagi (sorry Bang,,,,). Akhirnya kita serombongan berangkat ke candi sambisari yang ternyata letaknya ga begitu jauh dari rumah Fifi.

Kata temen Q kalo masuk candi sambisari itu gretong (alias gratis) tapi kuk tiap anak suruh bayar Rp. 500,00 sie??? May be karena kita kebanyakkan orang kalee ya??? Tau2 aja candi yang biasanya sepi pengunjung itu jadi rame bwgd kayak mau ada arisan. Yah,sudahlah ga apa2 bayar dikit itung2 amal.

*eh, duit Q kan ada di tas, tas Q ada di rumah Fifi* rintihan hati Q.

Inilah akibatnya kalo mau pergi ga pernah bawa duit. (bilang aja pelit,,,). Ternyata yang ga bawa duit bukan Q aja tapi temen2 yang lain juga ga bawa, ya udah deh akhirnya pake cara lama. Utang dulu sama temen yang bawa duit. Sampe di tempat abang Q blum juga nongol. Langsung aja Q telpon lewat hp (berkorban pulsa hiks,,,9x). Candinya terletak di bawah jadi untuk menuju tempat tersebut kita harus turun melewati tangga yang lumayan curam dan pemandangannya indah banget di kelilingi sama rumpt2 ijo yang seger banget kalo mata memandang. Ga salah emang kalo kita pilih lokasi itu. Emang candi itu ga sebesar candi Prambanan ato candi Borobudur tapi lumayan bagus kuk. Masih lumayan utuh blom banyak yang dipugar.

Ga berapa nunggu akhirnya abang Q dan kawan2nya dateng juga. Tapi masalahnya dia bilang cuma mau bawa temen satu orang, lhoo ini kuk dua orang. Gimana caranya ngasih makan??? (Emang hewan dikasih makan). Masalahnya kata abang Q dia bakal ngasih free buat bayaran fotografer, but harus bayarin mereka makan. Nah, kalo tadinya yang direncanain 2 orang truz nambah satu kan berarti nambah budget?? Gimana sie abang Q ga bilang2 dulu. Kan repot jadinya kalo ga ada uang pas. Masak Q yang disuruh tombok??? Q kan ga bawa duit banyak?? Yah,temen2 Q juga pada kaget kuk yang dateng 3 orang. Biarin lah.

Sesi foto2 pun di mulai. Sesuai arahan sang fotografer kita mulai bergaya lagaknya seorang artis (sok bwgd lu!!!!). Pertama2 kita dengan posisi di dalam candi dan menyebar dengan tangan di depan dada. Pokoknya kayak lagi jadi among tamu (itu lhu yang suka nyambut tamu di acara nikahan). Posisi kedua kita duduk di pinggir candi. Berdiri sambil teriak dan maen permaenan tradisional. Biar keliatan alami dan sesuai dengan temanya. Posisi laennya kita berdiri di tangga candi dengan senyuman memukau dan masih dengan gaya yang sama tangan setangkup di depan dada. Kita bener2 narsis di foto. Q punya beberapa koleksi fotonya yang nanti bisa di liat di blog Q. Dijamin bagus2.

Terus giliran foto satu2. Q ambil foto ga di tempat yang biasa di pake sama temen2 Q. kebetulan tuh candi namanya sama kayak nama Q, Candi SAMBISARI. Nah, nama SARI itu kan mirip kayak nama Q. Langsung aja Q minta di foto di situ dengan posisi Q ada di tengah2 nama Q. emang butuh waktu lama buat ke tempat itu coz tempatnya agak menurun dan lumayan jauh. Tapi tak apalah demi daya narsis Q yang demikian besar ini. (hhohohohohoho).

Selesai foto2 kita pergi ke rumah Fifi buat ambil duit, ganti baju dan makan!!!! Kita kan mau makan bareng2.

*to be continued*

nie foto2nya:

di dalen candi sambisari nie

di dalen candi sambisari nie

di tangga candi

di tangga candi

di halaman candi

di halaman candi

dsc_0108

h1

25 FAKTA TENTANG LASKAR PELANGI

November 15, 2008
laskar pelangi

laskar pelangi

<!–[if !mso]> <! st1\:*{behavior:url(#ieooui) } –>

Fakta fakta Laskar Pelangi adalah sebagai berikut :

1. Nama panggilan dari Andrea Hirata pada saat kecil adalah ¡°andis¡± ,¡±Ikal¡± adalah nama panggilan andrea di novel

2. Royalti Film Laskar Pelangi yang didapat dari Andrea adalah sekitar Rp 350 juta

3. Andrea hirata dalam suatu kesempatan menyatakan,dirinya bukan sastrawan, benar-benar tidak berpengalaman, tidak berpendidikan sastra, tidak bergaul dengan orang-orang sastra, tidak bercita-cita menjadi sastrawan. Lebih parah lagi, tidak banyak membaca sastra.

4. Film Laskar Pelangi sepanjang 2 jam 5 menit yang memakan ongkos Rp 8 miliar.

5. NAMA Laskar Pelangi adalah sebuah nama pemberian sang guru, Bu Muslimah

6. Sekarang Bu muslimah yang asli mengajar di Sekolah Dasar Negeri 6 Gantong, dan sedang menunggu pensiun.

7. Selama 10 hari pemutaran film itu sudah meraih penjualan 1,1 juta penonton.

8. 3.800 calon pemain dieliminasi menjadi 1.350 anak hingga akhirnya menjadi 12 pemain yang semuanya asli dari belitung, 11 Anak normal dan 1 anak penderita Down syndrome

9. Film Laskar Pelangi dibuat hanya dengan 36 hari Syuting

10. Andrea Ingin setiap 2 Mei Film Laskar Pelangi Diputar secara Gratis, dan dia pernah berkata “Filmnya lebih bagus dari novelnya..”

11. Penulis skenario FILM Laskar pelangi yaitu Salman Aristo juga penulis skenario Film Ayat-Ayat Cinta.

12. RIRI Riza sebelumnya akan menggunakan Yogi Nugraha pemeran kucai untuk dijadikan pemeran mahar, hingga datang Verrys Yamarno yang datang dengan gaya baju Mahar. Jalan sambil cium ketiak, lalu teriak: bau cuka! bau cuka! Lalu dia menyanyi.

13. Verrys Yamarno. Pemeran Mahar yang jago kesenian ini ingin menjadi ustad. Cita-citanya adalah masuk ke Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur, atau Unive**s Al Azhar di Mesir. ¡°Saya ingin membuat orang jahat menjadi baik,¡± ujar Verrys

14. Ferdian, Pemeran Lintang mempunyai cita-cita melanjutkan kuliah di Unive**s Indonesia atau Unive**s Gadjah Mada

15. Zulpani Fasa, 12 tahun, pemeran Ikal alias Andrea Hirata di masa kecil mempunyai cita-cita Menjadi tentara. Bisa membela negara,¡± katanya.

16. Mahar asli jadi PNS, guru kesenian di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan,diam2 sempat mengantarkan anaknya ikut casting tapi gak lolos. Mira Lesmana nggak tau kalo Mahar ada di antara ortu yg ngantar anaknya ikut casting, baru setelah Mahar pulang ada yg bilang ke Mira.

17. Aslinya Flo ini adek kelas Andrea . yang sekelas itu kakak laki2 Flo (kakaknya jg pindah dr SD PN Timah), tp sang kakak ini tidak diceritakan ama Andrea. Flo ini asli anak pejabat PN Timah yg tidak mau skolah di skolah PN Timah

18. Syahdan salah satu anggota laskar pelangi yang sekarang menjadi konsultan IT adalah yg diam-diam membawa naskah LP ke penerbit tanpa Andrea tau

19. Aman alis Akiong pernah menyebutkan bahwa menurutnya Laskar Pelangi: Chandra Prana, Syahdan Wahyudi, Alpino, Iwan, Ahmad Fajri, Andrea Hirata, dan satu nama perempuan, Hartati. Yang disebut Mahar dan Samson, kata Aman, bisa jadi Ahmad Fajri¡ªsekarang guru di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan¡ªdan Alpino. Sedangkan Lintang? ¡±Saya hanya tahu ini. Kalau Lintang, tanya Andis,¡± ujarnya sambil tersenyum.

20. Harun Karena cacat mental sekarang dirumah saja, menemani ibunya. Harun sering datang ke lokasi syuting, lalu dia cerita: ¡°tadi lihat syuting film, ada Andis ¡°.

21. Sempat syahdan dan Kucai asli ditanya wartawan siapa yg paling pintar dikelas, berdua serempak jawab: ANDIS!( kenapa bukan lintang???tanya kenapa? ) 😕 ,Bahkan bu Mus ketika ditanya siapa Lintang? dia menjawab ¡°saya tidak ingat,siapa lintang?¡± (mungkinkah jika Bu mus tidak ingat, anak sejenius lintang? )

22. Saat di Kick Andi andrea menyebutkan bahwa foto tersebut tidak detail yaitu Syahdan (jongkok, kanan), Sahara (satu2-nya cewek) pada waktu itu para penonton lgsg histeris, ¡°LINTANG, YG MANA???¡± Dan Andrea dgn cool bilang, ¡°Rahasia¡¡±

23. Riri Reza berhasil menjinakkan ¡±keganjilan¡± pada beberapa bagian novel Andrea. Mahar yang mengagetkan Bu Mus dengan tiba-tiba menyanyikan Tennessee Waltz karya Anne Murray dan ¡±si jenius¡± Lintang yang berdebat hebat tentang cincin Newton dalam lomba cerdas cermat ¡±dibumikan¡± Riri menjadi adegan yang lebih wajar bagi seorang anak. Riri mengganti Tennessee Waltz dengan Bunga Seroja, yang justru memperkental roh Melayu ke dalam film. Dan untuk adegan lomba cerdas cermat itu, secara tak terduga Riri mengubahnya menjadi drama yang menggetarkan

24. Tokoh Pak Mahmud yang ditampilkan oleh Tora Sudiro, menghapus seluruh tato di tangannya dengan ¡±dempul¡± make-up, sebenarnya di Novel Pak Mahmud adalah tokoh antagonis tapi di Film menjadi tokoh yang membela SD Muhammadiyah saat Cerdas Cermat

25. Buaya dari Film Laskar Pelangi meminjam buaya dari Museum Pemkab Belitung ( dibayar berapa ya buayanya? )

h1

PUDING COKLAT

November 13, 2008

Puding Coklat

poeding coeklat mak nyus

Sepupu2 Q demen banget sama puding coklat ini, dan gak ada bosen-bosennya, apalagi disini agar-agar murah…so tiga kali seminggu bikin puding terus buat snack mereka. Apalgi waktu lebaran kemaren mereka minta dibikinin terus puding coklat.

Bahan :
– 2 bungkus agar-agar coklat
– 100 gram gula pasir
– 1 sdm coklat bubuk
– 1/2 sdt garam
– 75 gram dark cooking chocolate
– 500 ml susu segar
– 750 air
– 2 butir kuning telur (kalo suka)

Cara :
campur semua bahan dalam panci, kecuali kuning telur. Masak hingga mendidih,
Kocok kuning telur dalam mangkuk, masukkan sedikit adonan agar-agar sambil diaduk. lalu tuangkan kedalam panci sambil diaduk hingga rata.
Tuagkan kedalam cetakan sesuai selera.
Dinginkan dan sajikan bersama Vla Vanilla

Tips:

kalo ga suka sama kuning telur bisa di ganti dengan putih telur yang di kocok sampai ngembang dan kaku

h1

MENIKMATI MALAM DI ALUN2 UTARA

November 8, 2008

Emang sekarang udah lewat hari Lebaran, but pengalaman Q sama spupu Q ga bakal bisa di lupain malem itu. Semilirnya angin malam menambah takjub suasana. Q, papa, eyang ti, eyang kung, om, ghea(spupu Q), galuh (spupu Q), rizky(ade’ Q), reza (ade’ Q) pergi nyari makan malem. Bosen kan selama lebaran makan lontong OPOR sama sambel goreng ati. kita sekluarga mau nyari menu makan malem yang lain.

sepupu Q lagi abisin ronde

sepupu Q lagi abisin ronde

Tempat persinggahan yang pertama dan yan terpikirkan oleh papa Q adalah BAKMI JAWA PAK PELE ( LETAKNYA PERSIS DI UTARA KERATON JOGJA). Gila begitu masuk kawasan alun2 utara, kendaraan yang dateng udah bejimbun dan yang bikin heran adalah plat mobil yang ada di parkiran plat B semua (platna org jakarte). Maybe mereka udah bosen dengan kehidupan di Jakarta ngungsi deh ke Jogja. Buat kendaraan yang mau masuk dan keluar alun2 aja harus ngalah satu2 karena penuhnya tempat parkir yang ada.

Kesan Q waktu liat keadaan warung tenda biru  itu adalah: “Gile!!! Rameee buangggeeteteteet.” mau pesen bakmi jawa aja Q harus antri, padahal biasanya cuma langsung bilang ga ada lima belas menit langsung dateng, lha ini pake rebutan sama pembeli lain. Giliran q yang dapet tugas  buat pesen Bakmi dan temen2na. Udah selese, Q pesen tinggal tunggu.

Buset!!! Udah nunggu 30 menit tuh bakmi lum juga dateng padahal Q udah lapeeeerrr buangeeeeeeet. Minuman ronde pun juga lum dateng. Gila aja yang dateng penuh banget. Yang dulu kalo ada tempat buat parkir sekarang semua tempat isinya orang lesehan sambil menikmati bakmi jawa dengan dinginnya malam. Q protes sama yang masak, tapi yang masak juga keteteran karena banyaknya orderan. Yang masak aja ampe 5 orang kompornya juga lima, yang ngaduk bakminya aja sampe keringetan (wah,,,tar bakminya kecampur keringet nie,,,).

liat kembang api

liat kembang api

Akhirnya papa Q yang maju buat pesen lagi dan main serobotan, karena dah nggak tega liat anak dan keponakannya kelapelan. Kemudian ronde anget pu dateng. kebutulan Kita dapet tempat yang strategis banget buat makan dan liat pemandangan, kita depet tempat terbuka. Karena abis lebaran jadi banyak orang yang jual dan main kembang api di alun2 utara. Gile!!!! bagus bwgd kembang apinya kita ampe terpesona sekejap (katrok bwgd sie,,,). Kita aja ampe heran kenapa ada orang yang rela bakar duitnya buat bli kembang api mahal2.

Yang khas dari Jogja adalah pengamennya yang kreatif dan ga cuma asal ngamen. Banyak penyanyi besar yang mengawali karirnya dari ngamen. Kayak lagunya Katon bagaskara yang judulnya Yogyakarta. Nah kira2 gini lagunya,,,

“MASIH SEPERTI DULU TIAP SUDUT MENYAPAKU BERSAHAJA

PENUH SELAKSAMANA,,,

TERHANYUT AKU AKAN NOSTALGI

SAAT KITA SERING LUANGKAN WAKTU

NIKMATI SUASAN JOGJA”

Duh terusananya Q lupa nie.

Oh, ya di sini yang ngamen langsung robongan ga sendiri2 dan kita bisa request lagu yang kita mau. Dan

ndengerin orang ngamen

suara yang ngamen juga ga kalah sama penyanyi2 tenar. Bahkan lebih bagus dari suara penyanyi yang cuma aji mumpung. lebih punya ciri khas dan lebih menghayati lagu.

Makanan pun tiba dengan lama menunggu dan perut keroncongan. Q pesen bakmi rebus, istemewana bakmi di sini pake telur bebek dan potongan ayamna gedhe2 bwgd, terus kuahnya yang warnanya kekuningan karena warna kunir dan rasa bawanganya yang bikin sedep nian. Mantap deh pokoknya MAKNYUS!!!!Apalagi kita makannya sambil dengerin orang yang lagi ngamen dan liat letupan2 kembang api yang menghiasi udara. BAGUS BWGD DEH,,,,. Udah udaranya dingin diangetin sama ronde dan bakmi jawa yang rasanya,,,,hehemmm jangan ditanya deh. ENAK BANGET,,,. Apalagi kita makannya di bawah pohon beringin. HUh seger banget,,,.

h1

Laskar Pelangi

Oktober 17, 2008

laskar pelangi (novel)

laskar pelangi (novel)

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong yang penuh dengan keterbatasan. Mereka adalah:

  1. Ikal
  2. Lintang; Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara
  3. Sahara; N.A. Sahara Aulia Fadillah binti K.A. Muslim Ramdhani Fadillah
  4. Mahar; Mahar Ahlan bin Jumadi ahlan bin Zubair bin Awam
  5. A Kiong;Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman
  6. Syahdan; Syahdan Noor Aziz bin Syahari Noor Aziz
  7. Kucai; Mukharam Kucai Khairani
  8. Borek aka Samson
  9. Trapani; Trapani Ihsan Jamari bin Zainuddin Ilham Jamari
  10. Harun; Harun Ardhli Ramadhan bin Syamsul Hazana Ramadhan

Mereka bersekolah dan belajar pada kelas yang sama dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP, dan menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Pada bagian-bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya adalah Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan bukunya.Film Laskar Pelangi akan diproduksi oleh Miles Film dan Mizan Production, dan digarap oleh sutradara Riri Riza. Laskar Pelangi adalah karya pertama dari Andrea Hirata. Buku ini segera menjadi Best Seller yang kini kita ketahui sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.

Sinopsis

Cerita terjadi di desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu. Mulai dari sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah! Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi – pun sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Misalnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya pada okultisme yang membuahkan kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah dan terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi mengarungi hari-hari menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein cilik itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, dan dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

Tokoh-tokoh

ikal

ikal

Ikal : Tokoh ‘aku’ dalam cerita ini. Ikal yang selalu menjadi peringkat kedua memiliki teman sebangku bernama Lintang, yang merupakan anak terpintar dalam Laskar Pelangi. Ia berminat pada sastra, terlihat dari kesehariannya yang senang menulis puisi. Ia menyukai A Ling, sepupu dari A Kiong, yang ditemuinya pertama kali di sebuah toko kelontong bernama Toko Sinar Harapan. Pada akhirnya hubungan mereka berdua terpaksa berakhir oleh jarak akibat kepergian A Ling ke Jakarta untuk menemani bibinya

lintang

lintang

Lintang : Teman sebangku Ikal yang luar biasa jenius. Ayahnya bekerja sebagai nelayan miskin yang tidak memiliki perahu dan harus menanggung kehidupan 14 jiwa anggota keluarga. Lintang telah menunjukkan minat besar untuk bersekolah semenjak hari pertama berada di sekolah. Ia selalu aktif didalam kelas dan memiliki cita-cita sebagai ahli matematika. Sekalipun ia luar biasa pintar, pria kecil berambut merah ikal ini pernah salah membawa peralatan sekolahnya. Cita-citanya terpaksa ditinggalkan agar ia dapat bekerja untuk membiayai kebutuhan hidup keluarganya semenjak ayahnya     meninggal.

Mahar : Pria tampan bertubuh kurus ini memiliki bakat dan minat besar pada seni.

mahar

mahar

Pertama kali diketahui ketika tanpa sengaja Bu Muslimah menunjuknya untuk bernyanyi di depan kelas saat pelajaran seni suara. Pria yang menyenangi okultisme ini sering dipojokkan teman-temannya. Ketika dewasa, Mahar sempat menganggur menunggu nasib menyapanya karena tak bisa ke manapun lantaran ibunya yang sakit-sakitan. Akan tetapi, nasib baik menyapanya dan ia diajak petinggi untuk membuat dokumentasi permainan anak tradisional setelah membaca artikel yang ia tulis di sebuah majalah, dan akhirnya ia berhasil meluncurkan sebuah novel tentang persahabatan.

Bunga Seroja (Veris/ Mahar & Mara Karma)

mari menyusun seroja bunga seroja

riasan sanggul remaja putri remaja

rupa yang elok dimanja jangan dimanja

pujalah ia oh saja sekedar saja

mengapa kau bermenung oh adik berhati

bingung 2x

janganlah engkau percaya dengan asmara 2x

sekarang bukan bermenung jangan bermenung 2x

mari bersama oh adik memetik bunga 2x

sahara

sahara

Sahara : Satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi. Sahara adalah gadis keras kepala berpendirian   kuat yang sangat patuh kepada agama. Ia adalah gadis yang ramah dan pandai, ia baik kepada siapa saja kecuali pada A Kiong yang semenjak mereka masuk sekolah sudah ia basahi dengan air dalam termosnya.


a kiong

a kiong

A Kiong : Anak Hokian. Keturunan Tionghoa ini adalah pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Baginya Mahar adalah suhunya yang agung. Kendatipun pria kecil ini berwajah buruk rupa, ia memiliki rasa persahabatan yang tinggi dan baik hati, serta suka menolong pada siapapun kecuali Sahara. Namun, meski mereka selalu bertengkar, ternyata mereka berdua saling mencintai satu sama lain.

syahdan

syahdan

Syahdan : Anak nelayan yang ceria ini tak pernah menonjol. Kalau ada apa-apa dia pasti yang paling tidak diperhatikan. Misalnya ketika bermain sandiwara, Syahdan hanya kedapatan jadi tukang kipas putri dan itupun masih banyak kesalahannya. Syahdan adalah saksi cinta pertama Ikal, ia dan Ikal bertugas membeli kapur di Toko Sinar Harapan semenjak Ikal jatuh cinta pada A Ling. Syahdan ternyata memiliki cita-cita yang tidak pernah terbayang oleh Laskar Pelangi lainnya yaitu menjadi aktor. Dengan bekerja keras pada akhirna dia menjadi aktor sungguhan meski hanya mendapatkan peran kecil seperti tuyul atau jin… Setelah bosan, ia pergi dan kursus komputer. Setelah itu ia berhasil menjadi network designer.

kucai

kucai

Kucai : Ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Ia menderita rabun jauh karena kurang gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat, sehingga jika ia menatap marah ke arah Borek, maka akan terlihat ia sedang memperhatikan Trapani. Laki-laki ini sejak kecil terlihat bisa menjadi politikus dan akhirnya diwujudkan ketika ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPR Belitong.

borek

borek

Borek : Pria besar maniak otot. Borek selalu menjaga citranya sebagai laki-laki macho. Ketika dewasa ia menjadi kuli di toko milik A Kiong dan Sahara.

trapani

trapani

Trapani : Pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat mencintai ibunya. Apapun yang ia lakukan harus selalu didampingi ibunya, seperti misalnya ketika mereka akan tampil sebagai band yang dikomando oleh Mahar, ia tidak mau tampil jika tak ditonton ibunya. Cowok yang bercita-cita menjadi guru ini akhirnya berakhir di rumah sakit jiwa karena ketergantungannya terhadap ibunya.

Harun : Pria yang memiliki keterbelakangan mental ini memulai sekolah dasar ketika ia berumur 15 tahun. Laki-laki jenaka ini senantiasa bercerita tentang kucingnya yang berbelang tiga dan melahirkan tiga anak yang masing-masing berbelang tiga pada tanggal tiga kepada Sahara dan senang sekali menanyakan kapan libur lebaran pada Bu Muslimah. Ia menyetor 3 buah botol kecap ketika disuruh mengumpulkan karya seni kelas enam.