Archive for Oktober, 2008

h1

Laskar Pelangi

Oktober 17, 2008

laskar pelangi (novel)

laskar pelangi (novel)

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong yang penuh dengan keterbatasan. Mereka adalah:

  1. Ikal
  2. Lintang; Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara
  3. Sahara; N.A. Sahara Aulia Fadillah binti K.A. Muslim Ramdhani Fadillah
  4. Mahar; Mahar Ahlan bin Jumadi ahlan bin Zubair bin Awam
  5. A Kiong;Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman
  6. Syahdan; Syahdan Noor Aziz bin Syahari Noor Aziz
  7. Kucai; Mukharam Kucai Khairani
  8. Borek aka Samson
  9. Trapani; Trapani Ihsan Jamari bin Zainuddin Ilham Jamari
  10. Harun; Harun Ardhli Ramadhan bin Syamsul Hazana Ramadhan

Mereka bersekolah dan belajar pada kelas yang sama dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP, dan menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Pada bagian-bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya adalah Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan bukunya.Film Laskar Pelangi akan diproduksi oleh Miles Film dan Mizan Production, dan digarap oleh sutradara Riri Riza. Laskar Pelangi adalah karya pertama dari Andrea Hirata. Buku ini segera menjadi Best Seller yang kini kita ketahui sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.

Sinopsis

Cerita terjadi di desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu. Mulai dari sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah! Mereka, Laskar Pelangi – nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi – pun sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Misalnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya pada okultisme yang membuahkan kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah dan terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi mengarungi hari-hari menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein cilik itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, dan dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

Tokoh-tokoh

ikal

ikal

Ikal : Tokoh ‘aku’ dalam cerita ini. Ikal yang selalu menjadi peringkat kedua memiliki teman sebangku bernama Lintang, yang merupakan anak terpintar dalam Laskar Pelangi. Ia berminat pada sastra, terlihat dari kesehariannya yang senang menulis puisi. Ia menyukai A Ling, sepupu dari A Kiong, yang ditemuinya pertama kali di sebuah toko kelontong bernama Toko Sinar Harapan. Pada akhirnya hubungan mereka berdua terpaksa berakhir oleh jarak akibat kepergian A Ling ke Jakarta untuk menemani bibinya

lintang

lintang

Lintang : Teman sebangku Ikal yang luar biasa jenius. Ayahnya bekerja sebagai nelayan miskin yang tidak memiliki perahu dan harus menanggung kehidupan 14 jiwa anggota keluarga. Lintang telah menunjukkan minat besar untuk bersekolah semenjak hari pertama berada di sekolah. Ia selalu aktif didalam kelas dan memiliki cita-cita sebagai ahli matematika. Sekalipun ia luar biasa pintar, pria kecil berambut merah ikal ini pernah salah membawa peralatan sekolahnya. Cita-citanya terpaksa ditinggalkan agar ia dapat bekerja untuk membiayai kebutuhan hidup keluarganya semenjak ayahnya     meninggal.

Mahar : Pria tampan bertubuh kurus ini memiliki bakat dan minat besar pada seni.

mahar

mahar

Pertama kali diketahui ketika tanpa sengaja Bu Muslimah menunjuknya untuk bernyanyi di depan kelas saat pelajaran seni suara. Pria yang menyenangi okultisme ini sering dipojokkan teman-temannya. Ketika dewasa, Mahar sempat menganggur menunggu nasib menyapanya karena tak bisa ke manapun lantaran ibunya yang sakit-sakitan. Akan tetapi, nasib baik menyapanya dan ia diajak petinggi untuk membuat dokumentasi permainan anak tradisional setelah membaca artikel yang ia tulis di sebuah majalah, dan akhirnya ia berhasil meluncurkan sebuah novel tentang persahabatan.

Bunga Seroja (Veris/ Mahar & Mara Karma)

mari menyusun seroja bunga seroja

riasan sanggul remaja putri remaja

rupa yang elok dimanja jangan dimanja

pujalah ia oh saja sekedar saja

mengapa kau bermenung oh adik berhati

bingung 2x

janganlah engkau percaya dengan asmara 2x

sekarang bukan bermenung jangan bermenung 2x

mari bersama oh adik memetik bunga 2x

sahara

sahara

Sahara : Satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi. Sahara adalah gadis keras kepala berpendirian   kuat yang sangat patuh kepada agama. Ia adalah gadis yang ramah dan pandai, ia baik kepada siapa saja kecuali pada A Kiong yang semenjak mereka masuk sekolah sudah ia basahi dengan air dalam termosnya.


a kiong

a kiong

A Kiong : Anak Hokian. Keturunan Tionghoa ini adalah pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Baginya Mahar adalah suhunya yang agung. Kendatipun pria kecil ini berwajah buruk rupa, ia memiliki rasa persahabatan yang tinggi dan baik hati, serta suka menolong pada siapapun kecuali Sahara. Namun, meski mereka selalu bertengkar, ternyata mereka berdua saling mencintai satu sama lain.

syahdan

syahdan

Syahdan : Anak nelayan yang ceria ini tak pernah menonjol. Kalau ada apa-apa dia pasti yang paling tidak diperhatikan. Misalnya ketika bermain sandiwara, Syahdan hanya kedapatan jadi tukang kipas putri dan itupun masih banyak kesalahannya. Syahdan adalah saksi cinta pertama Ikal, ia dan Ikal bertugas membeli kapur di Toko Sinar Harapan semenjak Ikal jatuh cinta pada A Ling. Syahdan ternyata memiliki cita-cita yang tidak pernah terbayang oleh Laskar Pelangi lainnya yaitu menjadi aktor. Dengan bekerja keras pada akhirna dia menjadi aktor sungguhan meski hanya mendapatkan peran kecil seperti tuyul atau jin… Setelah bosan, ia pergi dan kursus komputer. Setelah itu ia berhasil menjadi network designer.

kucai

kucai

Kucai : Ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Ia menderita rabun jauh karena kurang gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat, sehingga jika ia menatap marah ke arah Borek, maka akan terlihat ia sedang memperhatikan Trapani. Laki-laki ini sejak kecil terlihat bisa menjadi politikus dan akhirnya diwujudkan ketika ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPR Belitong.

borek

borek

Borek : Pria besar maniak otot. Borek selalu menjaga citranya sebagai laki-laki macho. Ketika dewasa ia menjadi kuli di toko milik A Kiong dan Sahara.

trapani

trapani

Trapani : Pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat mencintai ibunya. Apapun yang ia lakukan harus selalu didampingi ibunya, seperti misalnya ketika mereka akan tampil sebagai band yang dikomando oleh Mahar, ia tidak mau tampil jika tak ditonton ibunya. Cowok yang bercita-cita menjadi guru ini akhirnya berakhir di rumah sakit jiwa karena ketergantungannya terhadap ibunya.

Harun : Pria yang memiliki keterbelakangan mental ini memulai sekolah dasar ketika ia berumur 15 tahun. Laki-laki jenaka ini senantiasa bercerita tentang kucingnya yang berbelang tiga dan melahirkan tiga anak yang masing-masing berbelang tiga pada tanggal tiga kepada Sahara dan senang sekali menanyakan kapan libur lebaran pada Bu Muslimah. Ia menyetor 3 buah botol kecap ketika disuruh mengumpulkan karya seni kelas enam.

Iklan
h1

Lambang Pramuka

Oktober 15, 2008
lambang gerakan Pramuka

lambang gerakan Pramuka

Lambang Gerakan Pramuka

Pengertian Lambang

Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan Pramuka yang dicitacitakan oleh gerakan Pramuka. Lambang tersebut diciptakan oleh Almarhum Bapak Soenardjo Atmodipuro, seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai pegawai tinggi Departemen Pertanian. Lambang Gerakan Pramuka ini digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961, pada panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yang dianugerahkan kepada Gerakan Pramuka.

Bentuk dan Arti Kiasan

1. Bentuk Lambang Gerakan Pramuka adalah gambar bayangan (silhouelte) tunas kelapa.

2. Arti kiasan adalah

Buah Nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan CIKAL dan istilah CIKAL-BAKAL di Indonesia berarti : “Penduduk asli yang pertama yang meurunkan generasi baru”. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun juga. Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet, serta menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.

Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya. Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat di mana ia berada dan dalam keadaan yang bagaimanapun juga.

Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia. Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yang mulia dan jujur dan ia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

Akar nyiur tumbuh kuat dan erat didalam tanah. Jadi mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya. Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Bendera Gerakan Pramuka

Bendera Gerakan Pramuka berbentuk segi empat panjang dan beukuran tiga banding dua, berwarna dasar putih, ditengah-tengahnya terdapat lambang Gerakan Pramuka berwarna merah.

Di bagian atas dan bawah bendera terdapat jalur merah dengan ukuran lebar 1/10 dari lebar bendera. Letaknya 1/10 dari lebar bendera, dari sisi atas dan sisi bawah.

Pada bagian pinggiran tempat tali bendera terdapat jalur merah sepanjang lebar bendera dengan ukuran lebarnya 1/8 dari panjang bendera, dengan tulisan a. untuk nama Kwartir, b. untuk nama gugus depan dan nomor gugus depan.

Ukuran untuk tingkat :

Nasional : 200 x 300 cm

Daerah : 150 x 225 cm

Cabang : 90 x 135 cm

Ranting : 60 x 90 cm

Gugus Depan : 60 x 90 cm

h1

RESEP MAKARONI PANGGANG SPESIAL

Oktober 15, 2008
makaroni panggang aseli buatan Q, dijamin MAK NYUS

makaroni panggang aseli buatan Q, dijamin MAK NYUS

Bahan-bahan:

  • Makaroni 250gr
  • Keju chedar 50gr-100gr (sekalian buat taburan)
  • Daging asap (daging buat burger) 2 lembar ato lebih(terserah selera Anda)
  • Susu cair 250cc
  • Daging ayam cincang 100gr
  • Sosis sapi (sesuai selera)
  • Bawang bombay 1 buah
  • Garam 1 sdt
  • Merica bubuk ½ sdt
  • Mentega untuk menumis 1 sdm
  • Wortel dan kentang
  • Gula 1 sdt

Cara kerja:

Rebus makaroni dalam air mendidih (jangan lupa tambahin garam dan minyak biar ga lengket dan gurih rasanya). Tiriskan.

Panaskan mentega kemudian masukkan bawang bombay tumis hingga harum.

Masukkan daging ayam, sosis sebagian, daging asap. Masak hingga berubah warna.

Masukkan susu kemudian wortel dan kentang, masak sebentar. Tambahkan keju chedar.

Tambahkan garam dan merica,, kemudian masukkan makaroni rebus.

Aduk terus hingga bercampur rata.

Siapkan pinggang tahan panas. Masukkan makaroni tadi ke dalam pinggang tahan panas. Padatkan. Di atasnya berikan potongan sosis dan parutan keju. Panggang selama 45 menit.

Kemudian nikmati kelezatannya dan aroma harumnya keju.

Udah pernah di coba lho,,,,,

h1

NONTON LASKAR PELANGI UEY!!!!!

Oktober 11, 2008

PARA PEMAEN LASKAR PELANGI

PARA PEMAEN LASKAR PELANGI

Rencana Q nonton bareng temen2 terpaksa Q tunda untuk sementara. Why??? Coz Q lagi punya budget yang terbata

s dan kerena Q udah diajakin nonton sama sodara2 Q. Sebelumnya Q udah tanya sama mbak2 yang jual tiket di 21 tapi katanya tanggal 25 September Laskar Pelangi belum ada karena blum ada konfirmasi dari pihak Jakarta. Wajar aja kan kalo Q jadi percaya. Tiba2 malem itu ada yang telpon Q bilang kalo besok itu tetep ada filmnya malahan ada nonton bareng sama Sri Sultan dan talk show bareng sama sutradara laskar pelangi (Riri Riza). Sempet ga percayalah Q. langsung aj bilang kalo dia boong orang kemaren Q ke 21 ga ada poster ato spanduk yang bilang kalo ada nonton bareng sama Sri Sultan.

Besoknya Q tanya sama receptionis di 21 dan mbak2nya itu bilang kalo tanggal 25 itu ada filmnya Laskar Pelangi yang jam pertama mulenya jam 11 siang. Langsung aja Q sama sepupu2 Q hang out ke Amplast. Sampe di sana gila penuh banget. Mau nonton yang jam 4 aja tiketnya udah abis. Di sana Q ketemu sama adik kelas kakak kelas, alumni bahkan yang satu angkatan ma Q. pokoknya udah kayak reuni lah. Tapi, Q males antri tiket yang panjangnya sampe bejimbun, untung aja ada temenQ yang udah antri di depan, langsung aja Q titip duit sama dia. Q nunggu dia di depan loket pembelian tiket. Cukup lama juga sie nunggunya, ampe 2 jam. Gila temen Q dari sekolah lain udaah antri dari jam 8 pagi (itu 21 masih tutup lho,,,) tapi dia ga dapet tiket, kasian. Ada juga temenQ yang udah nonton duluan keluar dengan rupa ngejek di depan Q. kurang ajar. Akhirnya tiketpun di dapat tapi hanya tempat duduk dua dari depan yang tersisa, ya sudahlah apapun Q lakukan buat nonton laskar pelangi biarpun harus duduk di depan. Sayangnya temenQ yang udah mesenin tiket Q itu dan rela antri itu ga kebagian tiket. Karena dia mau nontonnya jam 4 sedangkan tiket yang tersedia buat besok hanya tersedia yang jam 10.30 siang aja. Never mind!!!!! Emang sie Q sempet ga enak sama dia, abis dia dah antre dari pagi tapi malah Q yang dateng telat yang dapet tiket dari dia. Teman, I ‘m sorry,,,,,,

Masih di hari yang sama. Abis nemenin antre tiket karena Q ga ikut antre heheheheh. Q langsungke atrium plasa di situ ada temapt duduk yang udah ditata rapi tapi belum banyak orang yang dateng ke situ. Ya jelas aja ylah lha wong poster ato spanduknya kalo ada talkshow aja ga ada. Ga lama nunggu kemudian muncul para tokoh utama laskar pelangi. GILA!!!! Q kira Cuma sutradara aja yang dateng tapi ada pemeran Mahar, Lintang, Ikal, Cut Mini, Ikranegara(pak kepsek), Riri Riza, Andrea Hirata, Mira Lesmana. Bahkan Q sempet foto bareng mereka dan salaman ama mereka, sampe ga mandi sehari Q biar ga ilang bekasnya. Q juga dapet tandatangannya Andrea Hirata.

Besoknya Q tinggal nonton bareng sepupuQ. GILA!!!!!! Antrenya masih juga panjang dan kayak ular naga panjangnya. Q tinggal masuk ke theaternya. Sebelum masuk di pintu masuk Q ketemu sama temen2 Q yang laen itu yang kamaren ga sabar antre tiket dan di tinggal pulang padahal masih bisa beli tiket buat besoknya.

Dalem bioskop, wuh riwuh banget,,,,,,. Langsung dech Q duduk di kursi depan. Waktu nonton satu theater bisa ketawa dan nangis bareng, untung Q bawa tisu. Jadi pengen nonton filmnya lagi nie. Keluar dari bioskop pun Q masih sempat meneteskan air mata.

Ada musibah waktu Q nonton film Laskar Pelangi. Hp nya sepupuQ ketinggalan di 21 untung ditemuin sama security ampir aja Q lapor polisi. Sempet bikin stress juga sie kejadian itu.

h1

TANGIS DARAH MEMBANJIRI BUMI PERKEMAHAN ITU SEASON 2

Oktober 11, 2008

waktu upacara api unggun

waktu upacara api unggun

Masih lanjutan cerita kemping yang jadi nightmare bwt Q and temen2 panitia. Tragedi api unggun itu belum seberapa dengan malunya Q and temen2 panitia yang terlihat kurang persiapan di depan semua peserta kemping.

Tangis Q makin mendera ketika ternyata yang menjadi pemimpin pasukan adalah anak kelas X yang belum ngerti kalo kita ga boleh memebelakangi api unggun, tapi dia malah membubarkan barisan dan peserta yang laen disuruh membelakangi api unggun. Q ga kuat lagi apalagi waktu penyalaan api unggun yang sebelumnya harus dibacakan Dasa Dharma oleh 10 peserta kemping. Langsung aja Q peluk Nidhi sambil nangis, Q takut puncak acara itu menjadi gagal. Takut bwgd,,,,. Q ga tahan terus2an kayak gini. Semua itu belum seberapa dibandingkan dengan pertengkaran Q dengan ‘Ndhut’ yang berpuncak pada tangis Q. Q, dia dan panitia laen saling adu mulut. Ga tertahankan lain, air mataku yang udah jatuh. Q ga kuat lagi berdiri dan bertahan.

Belum lagi masuknya orang asing yang bikin kita semua panitia ga suka dan jadi senewen. Sebut aja

mau nyalain api unggun

mau nyalain api unggun

namanya kk Rion, dan Kk Ayu. Sebenernya mereka adalah pendamping pramuka kita. Tapi apa yang mereka lakukan pada kami dan panitia? Bantuan pra kemah aja mereka ga bantuin kami. Malah kakak pembina kami yang udah pindah ke Bandung yang rela bantuin kami dan pulang ka Jogja hanya untuk mendampingi dan membantu kami. Gimana kami ga sakit hati kalo yang harusnya ngisi acara itu kita malah diisi sama meraka. Jelas aja dung kita marah. Udah ga tau sistemnya tau2 nongal aja gitu ga jelas. Dua pembina itu adalah pembina yang paling di benci sama satu angkatan Q. dari panitia luar ampe dalem semua ga ada yang suka sama dia. Ngeliat foto mereka aja udah pengin muntah2,,,. Kita semua panitia udah terlanjur sakit hati sama mereka.

panitia yang menghibur

panitia yang menghibur

Semua panitia dalem yang cewek ampir nangis ga kuat bahkan panitia yang cowok tinggal kemarahan yang membara sama ketua pantia. Q jadi ga enak sama mereka semua. Pokoknya kejadian itu bener2 memalukan buat kita semua. Memang kalo diliat dari luar dari peserta acara kita berhasil dan kreatif tapi di liat dari panitianya, huhuh jangan tanya dech!!!! Ancur berantakan, tak terkira. Q sekit terhibur dengan acara pentas seni api unggun, ternyata panitia luar yang cowok pada nampilin pestas seni yang oke punya dan pesertanya yang ‘lumayan’ antusias sama acara pentas seni itu karena emang itu panitia yang bikin.