Archive for November, 2008

h1

25 FAKTA TENTANG LASKAR PELANGI

November 15, 2008
laskar pelangi

laskar pelangi

<!–[if !mso]> <! st1\:*{behavior:url(#ieooui) } –>

Fakta fakta Laskar Pelangi adalah sebagai berikut :

1. Nama panggilan dari Andrea Hirata pada saat kecil adalah ¡°andis¡± ,¡±Ikal¡± adalah nama panggilan andrea di novel

2. Royalti Film Laskar Pelangi yang didapat dari Andrea adalah sekitar Rp 350 juta

3. Andrea hirata dalam suatu kesempatan menyatakan,dirinya bukan sastrawan, benar-benar tidak berpengalaman, tidak berpendidikan sastra, tidak bergaul dengan orang-orang sastra, tidak bercita-cita menjadi sastrawan. Lebih parah lagi, tidak banyak membaca sastra.

4. Film Laskar Pelangi sepanjang 2 jam 5 menit yang memakan ongkos Rp 8 miliar.

5. NAMA Laskar Pelangi adalah sebuah nama pemberian sang guru, Bu Muslimah

6. Sekarang Bu muslimah yang asli mengajar di Sekolah Dasar Negeri 6 Gantong, dan sedang menunggu pensiun.

7. Selama 10 hari pemutaran film itu sudah meraih penjualan 1,1 juta penonton.

8. 3.800 calon pemain dieliminasi menjadi 1.350 anak hingga akhirnya menjadi 12 pemain yang semuanya asli dari belitung, 11 Anak normal dan 1 anak penderita Down syndrome

9. Film Laskar Pelangi dibuat hanya dengan 36 hari Syuting

10. Andrea Ingin setiap 2 Mei Film Laskar Pelangi Diputar secara Gratis, dan dia pernah berkata “Filmnya lebih bagus dari novelnya..”

11. Penulis skenario FILM Laskar pelangi yaitu Salman Aristo juga penulis skenario Film Ayat-Ayat Cinta.

12. RIRI Riza sebelumnya akan menggunakan Yogi Nugraha pemeran kucai untuk dijadikan pemeran mahar, hingga datang Verrys Yamarno yang datang dengan gaya baju Mahar. Jalan sambil cium ketiak, lalu teriak: bau cuka! bau cuka! Lalu dia menyanyi.

13. Verrys Yamarno. Pemeran Mahar yang jago kesenian ini ingin menjadi ustad. Cita-citanya adalah masuk ke Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur, atau Unive**s Al Azhar di Mesir. ¡°Saya ingin membuat orang jahat menjadi baik,¡± ujar Verrys

14. Ferdian, Pemeran Lintang mempunyai cita-cita melanjutkan kuliah di Unive**s Indonesia atau Unive**s Gadjah Mada

15. Zulpani Fasa, 12 tahun, pemeran Ikal alias Andrea Hirata di masa kecil mempunyai cita-cita Menjadi tentara. Bisa membela negara,¡± katanya.

16. Mahar asli jadi PNS, guru kesenian di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan,diam2 sempat mengantarkan anaknya ikut casting tapi gak lolos. Mira Lesmana nggak tau kalo Mahar ada di antara ortu yg ngantar anaknya ikut casting, baru setelah Mahar pulang ada yg bilang ke Mira.

17. Aslinya Flo ini adek kelas Andrea . yang sekelas itu kakak laki2 Flo (kakaknya jg pindah dr SD PN Timah), tp sang kakak ini tidak diceritakan ama Andrea. Flo ini asli anak pejabat PN Timah yg tidak mau skolah di skolah PN Timah

18. Syahdan salah satu anggota laskar pelangi yang sekarang menjadi konsultan IT adalah yg diam-diam membawa naskah LP ke penerbit tanpa Andrea tau

19. Aman alis Akiong pernah menyebutkan bahwa menurutnya Laskar Pelangi: Chandra Prana, Syahdan Wahyudi, Alpino, Iwan, Ahmad Fajri, Andrea Hirata, dan satu nama perempuan, Hartati. Yang disebut Mahar dan Samson, kata Aman, bisa jadi Ahmad Fajri¡ªsekarang guru di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan¡ªdan Alpino. Sedangkan Lintang? ¡±Saya hanya tahu ini. Kalau Lintang, tanya Andis,¡± ujarnya sambil tersenyum.

20. Harun Karena cacat mental sekarang dirumah saja, menemani ibunya. Harun sering datang ke lokasi syuting, lalu dia cerita: ¡°tadi lihat syuting film, ada Andis ¡°.

21. Sempat syahdan dan Kucai asli ditanya wartawan siapa yg paling pintar dikelas, berdua serempak jawab: ANDIS!( kenapa bukan lintang???tanya kenapa? ) 😕 ,Bahkan bu Mus ketika ditanya siapa Lintang? dia menjawab ¡°saya tidak ingat,siapa lintang?¡± (mungkinkah jika Bu mus tidak ingat, anak sejenius lintang? )

22. Saat di Kick Andi andrea menyebutkan bahwa foto tersebut tidak detail yaitu Syahdan (jongkok, kanan), Sahara (satu2-nya cewek) pada waktu itu para penonton lgsg histeris, ¡°LINTANG, YG MANA???¡± Dan Andrea dgn cool bilang, ¡°Rahasia¡¡±

23. Riri Reza berhasil menjinakkan ¡±keganjilan¡± pada beberapa bagian novel Andrea. Mahar yang mengagetkan Bu Mus dengan tiba-tiba menyanyikan Tennessee Waltz karya Anne Murray dan ¡±si jenius¡± Lintang yang berdebat hebat tentang cincin Newton dalam lomba cerdas cermat ¡±dibumikan¡± Riri menjadi adegan yang lebih wajar bagi seorang anak. Riri mengganti Tennessee Waltz dengan Bunga Seroja, yang justru memperkental roh Melayu ke dalam film. Dan untuk adegan lomba cerdas cermat itu, secara tak terduga Riri mengubahnya menjadi drama yang menggetarkan

24. Tokoh Pak Mahmud yang ditampilkan oleh Tora Sudiro, menghapus seluruh tato di tangannya dengan ¡±dempul¡± make-up, sebenarnya di Novel Pak Mahmud adalah tokoh antagonis tapi di Film menjadi tokoh yang membela SD Muhammadiyah saat Cerdas Cermat

25. Buaya dari Film Laskar Pelangi meminjam buaya dari Museum Pemkab Belitung ( dibayar berapa ya buayanya? )

h1

PUDING COKLAT

November 13, 2008

Puding Coklat

poeding coeklat mak nyus

Sepupu2 Q demen banget sama puding coklat ini, dan gak ada bosen-bosennya, apalagi disini agar-agar murah…so tiga kali seminggu bikin puding terus buat snack mereka. Apalgi waktu lebaran kemaren mereka minta dibikinin terus puding coklat.

Bahan :
– 2 bungkus agar-agar coklat
– 100 gram gula pasir
– 1 sdm coklat bubuk
– 1/2 sdt garam
– 75 gram dark cooking chocolate
– 500 ml susu segar
– 750 air
– 2 butir kuning telur (kalo suka)

Cara :
campur semua bahan dalam panci, kecuali kuning telur. Masak hingga mendidih,
Kocok kuning telur dalam mangkuk, masukkan sedikit adonan agar-agar sambil diaduk. lalu tuangkan kedalam panci sambil diaduk hingga rata.
Tuagkan kedalam cetakan sesuai selera.
Dinginkan dan sajikan bersama Vla Vanilla

Tips:

kalo ga suka sama kuning telur bisa di ganti dengan putih telur yang di kocok sampai ngembang dan kaku

h1

MENIKMATI MALAM DI ALUN2 UTARA

November 8, 2008

Emang sekarang udah lewat hari Lebaran, but pengalaman Q sama spupu Q ga bakal bisa di lupain malem itu. Semilirnya angin malam menambah takjub suasana. Q, papa, eyang ti, eyang kung, om, ghea(spupu Q), galuh (spupu Q), rizky(ade’ Q), reza (ade’ Q) pergi nyari makan malem. Bosen kan selama lebaran makan lontong OPOR sama sambel goreng ati. kita sekluarga mau nyari menu makan malem yang lain.

sepupu Q lagi abisin ronde

sepupu Q lagi abisin ronde

Tempat persinggahan yang pertama dan yan terpikirkan oleh papa Q adalah BAKMI JAWA PAK PELE ( LETAKNYA PERSIS DI UTARA KERATON JOGJA). Gila begitu masuk kawasan alun2 utara, kendaraan yang dateng udah bejimbun dan yang bikin heran adalah plat mobil yang ada di parkiran plat B semua (platna org jakarte). Maybe mereka udah bosen dengan kehidupan di Jakarta ngungsi deh ke Jogja. Buat kendaraan yang mau masuk dan keluar alun2 aja harus ngalah satu2 karena penuhnya tempat parkir yang ada.

Kesan Q waktu liat keadaan warung tenda biru  itu adalah: “Gile!!! Rameee buangggeeteteteet.” mau pesen bakmi jawa aja Q harus antri, padahal biasanya cuma langsung bilang ga ada lima belas menit langsung dateng, lha ini pake rebutan sama pembeli lain. Giliran q yang dapet tugas  buat pesen Bakmi dan temen2na. Udah selese, Q pesen tinggal tunggu.

Buset!!! Udah nunggu 30 menit tuh bakmi lum juga dateng padahal Q udah lapeeeerrr buangeeeeeeet. Minuman ronde pun juga lum dateng. Gila aja yang dateng penuh banget. Yang dulu kalo ada tempat buat parkir sekarang semua tempat isinya orang lesehan sambil menikmati bakmi jawa dengan dinginnya malam. Q protes sama yang masak, tapi yang masak juga keteteran karena banyaknya orderan. Yang masak aja ampe 5 orang kompornya juga lima, yang ngaduk bakminya aja sampe keringetan (wah,,,tar bakminya kecampur keringet nie,,,).

liat kembang api

liat kembang api

Akhirnya papa Q yang maju buat pesen lagi dan main serobotan, karena dah nggak tega liat anak dan keponakannya kelapelan. Kemudian ronde anget pu dateng. kebutulan Kita dapet tempat yang strategis banget buat makan dan liat pemandangan, kita depet tempat terbuka. Karena abis lebaran jadi banyak orang yang jual dan main kembang api di alun2 utara. Gile!!!! bagus bwgd kembang apinya kita ampe terpesona sekejap (katrok bwgd sie,,,). Kita aja ampe heran kenapa ada orang yang rela bakar duitnya buat bli kembang api mahal2.

Yang khas dari Jogja adalah pengamennya yang kreatif dan ga cuma asal ngamen. Banyak penyanyi besar yang mengawali karirnya dari ngamen. Kayak lagunya Katon bagaskara yang judulnya Yogyakarta. Nah kira2 gini lagunya,,,

“MASIH SEPERTI DULU TIAP SUDUT MENYAPAKU BERSAHAJA

PENUH SELAKSAMANA,,,

TERHANYUT AKU AKAN NOSTALGI

SAAT KITA SERING LUANGKAN WAKTU

NIKMATI SUASAN JOGJA”

Duh terusananya Q lupa nie.

Oh, ya di sini yang ngamen langsung robongan ga sendiri2 dan kita bisa request lagu yang kita mau. Dan

ndengerin orang ngamen

suara yang ngamen juga ga kalah sama penyanyi2 tenar. Bahkan lebih bagus dari suara penyanyi yang cuma aji mumpung. lebih punya ciri khas dan lebih menghayati lagu.

Makanan pun tiba dengan lama menunggu dan perut keroncongan. Q pesen bakmi rebus, istemewana bakmi di sini pake telur bebek dan potongan ayamna gedhe2 bwgd, terus kuahnya yang warnanya kekuningan karena warna kunir dan rasa bawanganya yang bikin sedep nian. Mantap deh pokoknya MAKNYUS!!!!Apalagi kita makannya sambil dengerin orang yang lagi ngamen dan liat letupan2 kembang api yang menghiasi udara. BAGUS BWGD DEH,,,,. Udah udaranya dingin diangetin sama ronde dan bakmi jawa yang rasanya,,,,hehemmm jangan ditanya deh. ENAK BANGET,,,. Apalagi kita makannya di bawah pohon beringin. HUh seger banget,,,.