h1

Lambang Pramuka

Oktober 15, 2008
lambang gerakan Pramuka

lambang gerakan Pramuka

Lambang Gerakan Pramuka

Pengertian Lambang

Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan Pramuka yang dicitacitakan oleh gerakan Pramuka. Lambang tersebut diciptakan oleh Almarhum Bapak Soenardjo Atmodipuro, seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai pegawai tinggi Departemen Pertanian. Lambang Gerakan Pramuka ini digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961, pada panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yang dianugerahkan kepada Gerakan Pramuka.

Bentuk dan Arti Kiasan

1. Bentuk Lambang Gerakan Pramuka adalah gambar bayangan (silhouelte) tunas kelapa.

2. Arti kiasan adalah

Buah Nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan CIKAL dan istilah CIKAL-BAKAL di Indonesia berarti : “Penduduk asli yang pertama yang meurunkan generasi baru”. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun juga. Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet, serta menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.

Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya. Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat di mana ia berada dan dalam keadaan yang bagaimanapun juga.

Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia. Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yang mulia dan jujur dan ia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

Akar nyiur tumbuh kuat dan erat didalam tanah. Jadi mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya. Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Bendera Gerakan Pramuka

Bendera Gerakan Pramuka berbentuk segi empat panjang dan beukuran tiga banding dua, berwarna dasar putih, ditengah-tengahnya terdapat lambang Gerakan Pramuka berwarna merah.

Di bagian atas dan bawah bendera terdapat jalur merah dengan ukuran lebar 1/10 dari lebar bendera. Letaknya 1/10 dari lebar bendera, dari sisi atas dan sisi bawah.

Pada bagian pinggiran tempat tali bendera terdapat jalur merah sepanjang lebar bendera dengan ukuran lebarnya 1/8 dari panjang bendera, dengan tulisan a. untuk nama Kwartir, b. untuk nama gugus depan dan nomor gugus depan.

Ukuran untuk tingkat :

Nasional : 200 x 300 cm

Daerah : 150 x 225 cm

Cabang : 90 x 135 cm

Ranting : 60 x 90 cm

Gugus Depan : 60 x 90 cm

h1

RESEP MAKARONI PANGGANG SPESIAL

Oktober 15, 2008
makaroni panggang aseli buatan Q, dijamin MAK NYUS

makaroni panggang aseli buatan Q, dijamin MAK NYUS

Bahan-bahan:

  • Makaroni 250gr
  • Keju chedar 50gr-100gr (sekalian buat taburan)
  • Daging asap (daging buat burger) 2 lembar ato lebih(terserah selera Anda)
  • Susu cair 250cc
  • Daging ayam cincang 100gr
  • Sosis sapi (sesuai selera)
  • Bawang bombay 1 buah
  • Garam 1 sdt
  • Merica bubuk ½ sdt
  • Mentega untuk menumis 1 sdm
  • Wortel dan kentang
  • Gula 1 sdt

Cara kerja:

Rebus makaroni dalam air mendidih (jangan lupa tambahin garam dan minyak biar ga lengket dan gurih rasanya). Tiriskan.

Panaskan mentega kemudian masukkan bawang bombay tumis hingga harum.

Masukkan daging ayam, sosis sebagian, daging asap. Masak hingga berubah warna.

Masukkan susu kemudian wortel dan kentang, masak sebentar. Tambahkan keju chedar.

Tambahkan garam dan merica,, kemudian masukkan makaroni rebus.

Aduk terus hingga bercampur rata.

Siapkan pinggang tahan panas. Masukkan makaroni tadi ke dalam pinggang tahan panas. Padatkan. Di atasnya berikan potongan sosis dan parutan keju. Panggang selama 45 menit.

Kemudian nikmati kelezatannya dan aroma harumnya keju.

Udah pernah di coba lho,,,,,

h1

NONTON LASKAR PELANGI UEY!!!!!

Oktober 11, 2008

PARA PEMAEN LASKAR PELANGI

PARA PEMAEN LASKAR PELANGI

Rencana Q nonton bareng temen2 terpaksa Q tunda untuk sementara. Why??? Coz Q lagi punya budget yang terbata

s dan kerena Q udah diajakin nonton sama sodara2 Q. Sebelumnya Q udah tanya sama mbak2 yang jual tiket di 21 tapi katanya tanggal 25 September Laskar Pelangi belum ada karena blum ada konfirmasi dari pihak Jakarta. Wajar aja kan kalo Q jadi percaya. Tiba2 malem itu ada yang telpon Q bilang kalo besok itu tetep ada filmnya malahan ada nonton bareng sama Sri Sultan dan talk show bareng sama sutradara laskar pelangi (Riri Riza). Sempet ga percayalah Q. langsung aj bilang kalo dia boong orang kemaren Q ke 21 ga ada poster ato spanduk yang bilang kalo ada nonton bareng sama Sri Sultan.

Besoknya Q tanya sama receptionis di 21 dan mbak2nya itu bilang kalo tanggal 25 itu ada filmnya Laskar Pelangi yang jam pertama mulenya jam 11 siang. Langsung aja Q sama sepupu2 Q hang out ke Amplast. Sampe di sana gila penuh banget. Mau nonton yang jam 4 aja tiketnya udah abis. Di sana Q ketemu sama adik kelas kakak kelas, alumni bahkan yang satu angkatan ma Q. pokoknya udah kayak reuni lah. Tapi, Q males antri tiket yang panjangnya sampe bejimbun, untung aja ada temenQ yang udah antri di depan, langsung aja Q titip duit sama dia. Q nunggu dia di depan loket pembelian tiket. Cukup lama juga sie nunggunya, ampe 2 jam. Gila temen Q dari sekolah lain udaah antri dari jam 8 pagi (itu 21 masih tutup lho,,,) tapi dia ga dapet tiket, kasian. Ada juga temenQ yang udah nonton duluan keluar dengan rupa ngejek di depan Q. kurang ajar. Akhirnya tiketpun di dapat tapi hanya tempat duduk dua dari depan yang tersisa, ya sudahlah apapun Q lakukan buat nonton laskar pelangi biarpun harus duduk di depan. Sayangnya temenQ yang udah mesenin tiket Q itu dan rela antri itu ga kebagian tiket. Karena dia mau nontonnya jam 4 sedangkan tiket yang tersedia buat besok hanya tersedia yang jam 10.30 siang aja. Never mind!!!!! Emang sie Q sempet ga enak sama dia, abis dia dah antre dari pagi tapi malah Q yang dateng telat yang dapet tiket dari dia. Teman, I ‘m sorry,,,,,,

Masih di hari yang sama. Abis nemenin antre tiket karena Q ga ikut antre heheheheh. Q langsungke atrium plasa di situ ada temapt duduk yang udah ditata rapi tapi belum banyak orang yang dateng ke situ. Ya jelas aja ylah lha wong poster ato spanduknya kalo ada talkshow aja ga ada. Ga lama nunggu kemudian muncul para tokoh utama laskar pelangi. GILA!!!! Q kira Cuma sutradara aja yang dateng tapi ada pemeran Mahar, Lintang, Ikal, Cut Mini, Ikranegara(pak kepsek), Riri Riza, Andrea Hirata, Mira Lesmana. Bahkan Q sempet foto bareng mereka dan salaman ama mereka, sampe ga mandi sehari Q biar ga ilang bekasnya. Q juga dapet tandatangannya Andrea Hirata.

Besoknya Q tinggal nonton bareng sepupuQ. GILA!!!!!! Antrenya masih juga panjang dan kayak ular naga panjangnya. Q tinggal masuk ke theaternya. Sebelum masuk di pintu masuk Q ketemu sama temen2 Q yang laen itu yang kamaren ga sabar antre tiket dan di tinggal pulang padahal masih bisa beli tiket buat besoknya.

Dalem bioskop, wuh riwuh banget,,,,,,. Langsung dech Q duduk di kursi depan. Waktu nonton satu theater bisa ketawa dan nangis bareng, untung Q bawa tisu. Jadi pengen nonton filmnya lagi nie. Keluar dari bioskop pun Q masih sempat meneteskan air mata.

Ada musibah waktu Q nonton film Laskar Pelangi. Hp nya sepupuQ ketinggalan di 21 untung ditemuin sama security ampir aja Q lapor polisi. Sempet bikin stress juga sie kejadian itu.

h1

TANGIS DARAH MEMBANJIRI BUMI PERKEMAHAN ITU SEASON 2

Oktober 11, 2008

waktu upacara api unggun

waktu upacara api unggun

Masih lanjutan cerita kemping yang jadi nightmare bwt Q and temen2 panitia. Tragedi api unggun itu belum seberapa dengan malunya Q and temen2 panitia yang terlihat kurang persiapan di depan semua peserta kemping.

Tangis Q makin mendera ketika ternyata yang menjadi pemimpin pasukan adalah anak kelas X yang belum ngerti kalo kita ga boleh memebelakangi api unggun, tapi dia malah membubarkan barisan dan peserta yang laen disuruh membelakangi api unggun. Q ga kuat lagi apalagi waktu penyalaan api unggun yang sebelumnya harus dibacakan Dasa Dharma oleh 10 peserta kemping. Langsung aja Q peluk Nidhi sambil nangis, Q takut puncak acara itu menjadi gagal. Takut bwgd,,,,. Q ga tahan terus2an kayak gini. Semua itu belum seberapa dibandingkan dengan pertengkaran Q dengan ‘Ndhut’ yang berpuncak pada tangis Q. Q, dia dan panitia laen saling adu mulut. Ga tertahankan lain, air mataku yang udah jatuh. Q ga kuat lagi berdiri dan bertahan.

Belum lagi masuknya orang asing yang bikin kita semua panitia ga suka dan jadi senewen. Sebut aja

mau nyalain api unggun

mau nyalain api unggun

namanya kk Rion, dan Kk Ayu. Sebenernya mereka adalah pendamping pramuka kita. Tapi apa yang mereka lakukan pada kami dan panitia? Bantuan pra kemah aja mereka ga bantuin kami. Malah kakak pembina kami yang udah pindah ke Bandung yang rela bantuin kami dan pulang ka Jogja hanya untuk mendampingi dan membantu kami. Gimana kami ga sakit hati kalo yang harusnya ngisi acara itu kita malah diisi sama meraka. Jelas aja dung kita marah. Udah ga tau sistemnya tau2 nongal aja gitu ga jelas. Dua pembina itu adalah pembina yang paling di benci sama satu angkatan Q. dari panitia luar ampe dalem semua ga ada yang suka sama dia. Ngeliat foto mereka aja udah pengin muntah2,,,. Kita semua panitia udah terlanjur sakit hati sama mereka.

panitia yang menghibur

panitia yang menghibur

Semua panitia dalem yang cewek ampir nangis ga kuat bahkan panitia yang cowok tinggal kemarahan yang membara sama ketua pantia. Q jadi ga enak sama mereka semua. Pokoknya kejadian itu bener2 memalukan buat kita semua. Memang kalo diliat dari luar dari peserta acara kita berhasil dan kreatif tapi di liat dari panitianya, huhuh jangan tanya dech!!!! Ancur berantakan, tak terkira. Q sekit terhibur dengan acara pentas seni api unggun, ternyata panitia luar yang cowok pada nampilin pestas seni yang oke punya dan pesertanya yang ‘lumayan’ antusias sama acara pentas seni itu karena emang itu panitia yang bikin.

h1

video klip NIDJI (OST LASKAR PELANGI)

September 24, 2008

Film seluruh masyarakat Indonesia yang menggugah kesadran hati, dan pikiran untuk saling berbagi dan menghargai kehidupan. pokonya LASKAR PELANGI GA ADA MATINA DECH,,,

Buku yang udah membuat Q mengharu biru waktu baca, merupakan bacaan Q dan Papa Q tersayang,,, bahkan mungkin film ini bakal jadi film keluarga Q,,, ini ada ost yang lagunya keren bwgd,,,

h1

TANGIS DARAH MEMBANJIRI BUMI PERKEMAHAN ITU

September 21, 2008

Entah bulan sial apa itu terjadi. Mungkin bulan Maret ato April. Tapi itu semua Q anggap bulan sial Q. kenapa Q anggap gitu??!!! Liat aja persiapan yang udah berbulan-bulan, menyisihkan sisa waktu, tenaga semua tertuah hanya untuk acara kemping yang udah jadi proker DA alias Dewan Anbalan di skul Q (nama skul di sensor….).

Emang itu semua buat acara skul. Tapi dari sekian guru yang jadi pendamping cuma beberapa aja yang mau bantu. Rasanya pun semua usaha Q dan temen2 DA jadi cuma sia-sia tanpa ada dukungan dari guru. Entah kenapa sial banget??!!! Berbulan-bulan energi dan peluh kami perjuangkan untuk membuat sekolah bangga akan usaha kami. Tapi apa tanggapan sekolah??!! Yang ada kita nggak pernah di beri selamat.

Semua bermula dari pemilihan ketua panitia untuk kemah. Emang di situ jabatan Q sebagai penanggung jawab tertinggi karena Q adalah Pradana ketua tertinggi di DA (cie,,cie,,,). Tapi sebagai ketua Q merasa bekerja sendiri dan nggak pernah di bantu sama ketua satunya yang punya jabatan pradana juga. Q makin sakit ati aja. Tuh ketua satunya baru aja nongol H-1 sebelum kemah. Makin membuat kepala Q pening aja. Pemilihan ketua panitia itu, sebenarnya dari awal Q dah nggak pernah setuju kalo itu orang yang jadi panitia. Tapi lagi-lagi kata entah yang keluar dari mulut Q kenapa dia bisa juga jadi ketua. Dia sendiri pernah mengajukan diri buat jadi ketua panitia. Sungguh keberanian yang tinggi kalo dia bisa mempertanggungjawabkannya. Tapi mana???!!! Sebagai seorang ketua seharusnya dia bisa mengontrol anak buahnya tapi mana???!!! Ini malah dia yang di kontrol sama anak buahnya. Q sie malu kalo jadi ketua kayak dia. Tuh orang pas di tempat kemah hobinya Cuma pengang HT(blum pernah pegang HT kalee,,,). Segala tindak tanduk yang dia lakuin bikin emosi semua panitia. Jangankan panitia, guru aja ampe marah-marah.

tragedi api unggun

tragedi api unggun

Q dah sadar kalo dia nggak bisa jadi ketua sejak liat cara kerjanya yang amburadul dan antara omongan sama perbuatan nggak sama. Alias BULLSHIT!!!!!! Hari ini ngomong A besok ngomong C besoknya lagi ngomong B. pokoknya nggak tentulah. Terjadi banyak miscomunication antar panitia, bahkan ampir aja terjadi gotok-gotokan antar panitia. Bikin ati Q miris dan nangis.

Semua itu menjadi puncak kekesalanku ketika malam api unggung. Dia sebagai ketua nggak segera mengkoordinir persiapan panitia. Dia Cuma duduk2 nggak jelas sambil pegang HT. langsung aja Q serobot tugasnya sebagai ketua dan Q langsung ambil alih komando tanpa persetujuan dia Q atur temen2 Q buat nyiapin segala tetek bengek yang berhubungan dengan api unggung. Aku bareng Juang, bareng perkap, korlap,and dekdok kerja serabutan. Dan yang paling vatal dalam acara itu adalah Sie acara yang mendadak nggak tau harus berbuat apa. Bikin ati makin mangkel aja. Q ampir aja menjatuhkan air mata Q di sana. Q capek,,, capoek banget malah,,, tapi tetep Q paksa. Karena Q nggak suka kerja setengah2 kalo menyangkut hajat orang banyak. Kita punya banyak panitia ampe 80 orang malah, tapi yang kerja Cuma dikit yang lain Cuma mau nebeng mbolos sekolah aja ato mau balas dendam sama adek kelas. Bener2 panitia nggak berguna.

Seharusnya ketika upacara api unggun ketua panitia jadi pemimpin pasukan tapi mendadak dia nggak ada entah kemana??!!! Selesai upacara Q liat dia di pendopo kesekretariatan, lagi santai. Alasanya sie maagnya kambuh salah sendiri dia kalo di suruh makan nggak mau. Sekarang maagnya kambuh malah jadi ngerepotin semua panitia aja. Ih,,, nyebelin banget nggak sie,,,,. (to be continued,,,)

h1

OST COFFEE PRINCE

September 8, 2008

Buat semua temn2 Q yang minta OST Voffe Prince ini Q dah nemu,, Pokoknya Coffe Prince ga ada matinya deh,,HIdup Coffee Prine,,

nie ada videonya…..